Selasa, 11 Oktober 2011 15 komentar

Kepler-16b, Planet yang Mengelilingi 2 Bintang

Bagi para penggemar sains fiksi Star Wars, tentu tidak asing dengan keberadaan planet Tatooine, planet padang pasir dengan 2 Matahari. Kalau saya sih belum lahir :p Planet ini diceritakan bergerak mengorbit sepasang bintang ganda. Apakah dunia yang memiliki dua matahari itu ada atau hanya berakhir sebagai cerita di film?

Planet Dengan Dua Bintang

Ternyata keberadaan dunia dengan dua matahari di kala senja yang digambarkan Star Wars 30 tahun lalu tidak lagi menjadi impian dan khayalan. Kini ada bukti saintifik yang menunjukkan kalau planet seperti itu memang ada. Kepler berhasil mendeteksi keberadaan planet sirkumbinari atau planet yang mengorbit dua buah bintang yang jaraknya 200 tahun cahaya dari Bumi. Tapi, planet ini tidak seperti planet Tatooine yang diceritakan bisa memiliki kehidupan di dalamnya. Planet yang disebut Kepler-16 b ini merupakan planet gas yang dingin dan diperkirakan tidak bisa mendukung kehidupan. Tapi, penemuan Kepler-16b merupakan penemuan yang penting karena keberadaannya menunjukkan keragaman planet di galaksi Bima Sakti.

Meskipun sebelumnya ada juga pengertian lain yang mengindikasikan keberadaan exoplanet yang mengelilingi 2 bintang, namun belum ada konfirmasi mengenai keberadaan planet tersebut. Karena itu Kepler-16b menjadi planet pertama yang bergerak mengitari dua bintang di sistem Kepler-16 (AB).

Walau merupakan planet gas yang dingin, keberadaan Kepler-16b juga memberi kemungkinan baru bagi sistem yang dapat mendukung kehidupan. Jika selama ini planet seperti itu dicari hanya pada bintang tunggal, maka ada kemungkinan yang sangat besar jika planet laik huni itu juga terdapat di dalam sistem bintang ganda. Apalagi mengingat sebagian besar bintang di galaksi bima Sakti merupakan bagian dari sistem bintang berdua. Tentunya ada kesempatan kalau ternyata kehidupan itu tumbuh dan berkembang juga pada planet yang mengitari bintang berdua.

Senin, 03 Oktober 2011 50 komentar

Black Hole, White Hole dan Parallel Universe

Akhirnya dapet posting juga setelah lama gak ngepost. Sekarang saya lagi senang belajar astronomi :D Berikut sedikit tentang Black hole & White hole :

1. Black Hole

Pada awalnya orang menggangap Black hole adalah fiksi ilmiah saja. Akan tetapi seiring perkembangan jaman dengan diluncurkan teleskop antariksa "Hubble space telescope" kini orang meyakini bahwa monster itu memang benar benar ada di luar sana. Lubang hitam sendiri diartikan sebagai sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam semesta yang dapat diamati.

2. Supermassive Black Hole

Apa itu supermassive black hole? lagunya MUSE? bukan :D super massive black hole adalah blackhole dengan densitas berkali kali lipat dari blackhlole biasa. Dengan densitas atau kepadatan yang amat sangat luar biasa maka akan menimbulkan gaya gravitasi yang juga jauh lebih besar. Apakah supermasif black hole ini ada? jawabannya jelas sekali, mereka ada dan tidak "jauh" dari kita. supermasive blackhole diperkirakan berdiameter lebih dari 1000 kali matahari kita dan mempunyai gravitasi lebih dari sejuta kali gravitasi matahari kita. Super masif black hole merupakan inti dari setiap galaksi yang ada di jagat raya. Ini menjawab pertanyaan kita selama ini. jika bulan mengelilingi bumi dan bersama bumi mengelilingi matahari, lantas matahari mengelilingi siapa? super masive black hole. Diperkirakan jagat raya ini di huni oleh lebih dari milyaran galaxy dan masih akan terus bertambah. jadi betapa banyak black hole di jagad ini.

 
;